by : Misbah Fikrianto
(Dipublikasi pada : INTERNATIONAL SEMINAR & CONFERENCE Faculty of Economics Universitas Negeri Jakarta, November 5, 2010).
Abstrak
Education is one of the strategic sectors in supporting National development in Indonesia. The national development is depends on the quality of human resources. At the moment, Indonesia has 14 creative industry sectors, and around 6,3% PDB. This data showed that it is a challenging for education world to fulfill and improve the quality of human resources, especially in creative industry filed. The Purposes of research to observe and to know about entrepreneurship and creative industry to improve the quality our country. The method is a literature study. The conclusion of the research to improve our knowledge and competence in entrepreneurship and creative industry.
LATAR BELAKANG
Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana Analisis Industri Kreatif dan Tantangan Pendidikan di Indonesia. upaya kita bersama untuk mendorong pengembangan sektor industri kreatif nasional dalam rangka upaya peningkatan kewirausahaan dan pengetahuan industri kreatif. Tulisan ini akan menjelaskan tentang bagaimana (1) perkembangan industri kreatif di dunia dan nasional sebagai peningkatan Daya Saing Indonesia, kemudian menjelaskan bagaimana (2) peran dunia pendidikan dalam menjawab tantangan kebutuhan industri kreatif nasional, terutama dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM), (3) Model Kewirausahaan di Bidang Industri Kreatif sebagai Solusi Pengangguran di Indonesia.
Pada saat yang bersamaan secara tidak sadar telah hadir ditengah masyarakat kita pada saat ini, apa yang dikatakan oleh Richard Florida dalam bukunya ‘The rise of the creative class’ disebut sebagai Creative Society (kelas masyarakat kreatif), yaitu kelompok masyarakat yang mata pencahariannya berbasis kepada ekonomi kreatif. Apa itu ekonomi kreatif? Adalah nilai tambah ekonomi yang bersumber dari kretivitas individu yang mempunyai kemampuan pengetahuan, teknologi dan seni-budaya sebagai penghasil barang, jasa ataupun karya seni. Kelas masyarakat kreatif inilah yang saat ini mulai tumbuh di berbagai negara termasuk di Indonesia, oleh Richard, masyarakat kelas inilah yang diprediksi akan memberikan warna baru dalam tata kehidupan ekonomi, sosial, dan kemasyarakatan di masa depan.
Sebagian besar pemuda Indonesia menjadi wirausaha, namun adanya pemahaman yang kurang 'pas' terhadap. . . . . . .
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
- Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
- Jurnal Corporate Image
Enterpreneurship...Enterprener...Enterprenur....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar