Total Tayangan Halaman

Kamis, 25 November 2010

Membangun Orientasi Kewirausahaan untuk Meningkatkan Kinerja UKM

Oleh : Kalvin sine
(Dipublikasi : The 4th PPM National Conference on Management Research Jakarta, 25 November 2010, ISSN: 2086-0390, hal. 1-17)

Abstract
The purpose of this paper is to examine the effect of entrepreneurial orientation (EO) on SMEs’ performance. The data were collected from 170 respondents from SMEs in furniture industry located in Klender and Cirebon. The results reveal that entrepreneurial orientation affect SMEs’ performance. The results also show that the degree of EO is approximately the same across all SMEs in both locations. Similar to this, the results found there is no evidence that the degree of EO is different for exporter SMEs and non-exporter SMEs. However, exporter SMEs has better performance compare to their no-exporter counterparts.
Keyword: entrepreneurial orientation, performance

1. Latar Belakang
Kewirausahaan berperan penting di dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Banyak ahli menyebutkan bahwa kewirausahaan telah memberi kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan sosio-ekonomi suatu negara, seperti kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi (Tambunan, 2006; Wismiarsi dkk, 2008) yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan nasional. Terlebih pada situasi krisis yang berkepanjangan, peran wirausahawan dirasakan sangat penting (Tambunan, 2006).
UKM juga dipandang memiliki kemampuan untuk bergerak cepat dalam pengambilan keputusan karena memiliki karakter yang dinamis dan memiliki kemampuan dalam berinovasi (Okpara, 2009). UKM memiliki keunggulan dalam memberikan kontribusi bagi banyak aspek selain dari kemampuannya menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat menyerap tenaga kerja dengan pengeluaran biaya yang relatif tidak besar, UKM juga merupakan wadah dari sumber keterampilan bagi perkembangan industri dimasa yang akan datang. Sebagai wadah, UKM dianggap mampu melatih jiwa kewirausahaan dan kemampuan manajerial yang selama ini menjadi perhatian utama untuk pengembangan ekonomi suatu negara (Okpara, 2009).
Keberhasilan wirausaha tergantung pada pribadi atau motivasi pribadi (Lumpkin dan Dess, 1996). Salah satu aspek yang penting dalam motivasi pribadi dalam berwirausaha adalah . . . . . . .

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).

Butuh Artikel/Jurnal lainnya ?, click di :
Enterpreneurship...Enterprener...Enterprenur....

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar