Total Tayangan Halaman

Senin, 15 November 2010

Kunci SUKSES dalam Bisnis

Berikut saya akan coba gambarkan tentang "Kunci SUKSES dalam Bisnis". Mudah-mudahan akan bermanfaat bagi para pembaca blog ini.
Banyak para ahli dan pelaku bisnis yang telah mendefinisikan kata"SUKSES" dengan berbagai istilah. Saya mendefinisikan sukses sebagai "suatu proses yang perlu dilakukan oleh sorang pebisnis". Sukses tidak akan dicapai hanya dengan berpangku tangan saja, tetapi dia bisa diraih bila kita mampu melakukan dan melalui prosesnya dengan baik. Begitu juga dengan kunci sukses dalam bisnis, juga sudah banyak tulisan dan pendapat para ahli serta pelaku bisnis yang mengintisarikan berbagai kunci suksesnya dalam bisnis. Menurut saya dan berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami dalam menjalankan bisnis, kunci suksesnya terdiri dari proses sebagai berikut:

1. Buat Impian (Cita-Cita atau Dreams) Anda dengan jelas dan nyata
Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam proses mengejar kesuksesan adalah membuat impian/cita-cita. Cita-cita/impian yang Anda buat boleh mulai dari yang kecil-kecil dulu, lalu semakin besar dan semakin besar. Atau bisa juga dimulai dari yang besar-besar sekalian. Semuanya itu boleh, bahkan pepatah lama mengatakan "Gantungkan cita-cita mu setinggi langit". Namun yang perlu diperhatikan, impian Anda tersebut harus lah impian yang jelas dan nyata. Bukan hanya hayalan belaka.
Lalu akan timbul pertanyaan : Bagaimana membuat impian yang jelas dan nyata tersebut?. Jawabannya adalah :
a. Bayangkan apa impian/cita-cita yang Anda akan capai dari bisnis Anda tersebut. Misalkan Anda membayangkan bahwa melalui bisnis ini Anda akan mendapatkan uang atau mobil atau rumah, atau yang lainnya.
b. Tentukan jenis impian tersebut secara jelas dan nyata. Misalkan pada butir a di atas adalah uang, maka tentukan berapa besar uang yang akan didapat (Umpamanya Rp. 200.000,- per bulan atau berapa lah besarnya terserah Anda). Kalau yang diimpikan tadi adalah mobil, maka tentukan apa jenis, apa merek, apa warna, dan keluaran tahun berapa mobil yang akan Anda dapatkan (apakah sedan BMW warna biru tahun 1998, ataukah mobil Kijang Inova warna silver keluaran 2007, atau mobil sport "Ferari" warna merah keluaran tahun 2004, atau yang lainnya). Kalau yang diimpikan tadi adalah rumah, maka tentukan jenis/model rumah apa yang akan Anda dapatkan (umpamanya rumah model Spanyol), di daerah mana akan dibangun rumah tersebut (umpamanya di daerah perbukitan), berapa luas tanah atau rumah itu akan dibangun, apa saja bagian detail yang Anda inginkan dari rumah tersebut (umpamanya ada kebun samping kirinya, ada taman di bagian halaman depan, ada kolam renang di bagian belakang rumah, di dalam rumah ada home teather-nya, dsb).
c. Gambar dengan jelas warna/bagian detail dari impian Anda. Misalnya mobil sport "Ferari" warna merah keluaran tahun 2004 tadi, maka buat dan gambar lah dengan benar mobil "Ferari" tersebut dalam buku impian Anda, atau gambar lah model dan bagian-bagian rumah yang Anda inginkan tersebut. Dengan catatan, apabila Anda tidak bisa menggambar, maka cari lah gambar-gambar yang sesuai dengan impian Anda tersebut, lalu gunting gambar tersebut dan tempelkan pada buku impian Anda.
d. Tuliskan tanggal, bulan, dan tahun berapa impian Anda tersebut akan dicapai.
Pada buku impian yang sudah Anda gambar/tempel tadi jangan lupa tuliskan (di samping atau di bawah gambar tadi) tanggal, bulan, dan tahun berapa impian Anda tersebut akan dicapai.

Setelah itu, Stop Dreams Anda dan mulai lah Action (lakukan proses-proses berikutnya). Hal ini sejalan dengan salah satu blog Joko Susilo, yang menyatakan  Stop DREAMING and Star ACTION

2. Lakukan bisnis Anda secara terus-menerus
Seberapa pun besarnya impian/cita-cita Anda, itu tidak akan berarti jika Anda tidak melakukan secara terus-menerus bisnis Anda. Dalam bisnis, kita tidak bisa cuma berdiam diri saja lalu mengharapkan air hujan jatuh dari langit, melainkan untuk mencapai sukses kita perlu lakukan dan lakukan terus bisnis kita tersebut.
Banyak pebisnis berpendapat bahwa proses ini adalah langkah yang menentukan berhasil-tidaknya bisnis Anda. Kebanyakan orang enggan untuk melakukan proses ini, padahal untuk mencapai sukses kita perlu lakukan dan lakukan terus bisnis kita. Ada yang berpendapat bahwa untuk mencapai sukses ada harga dan pengorbanan yang harus dibayar, yaitu kemauan untuk melakukan dan melakukan terus bisnis kita. Jangan berhenti sebelum tercapai apa yang diimpikan tadi, sebagaimana pendapat Joko Susilo dalam 10 Alasan Utama Orang Membeli Produk Anda.

3. Kerjakan bisnis Anda secara SMART (menggunakan alat yang tepat).
Dalam mengejar apa yang diimpikan dari adanya bisnis yang kita lakukan, sebaiknya melakukan bisnis tersebut belum cukup hanya dengan kerja keras saja, melainkan perlu dikerjakan secara cermat, dalam artian gunakan alat-alat yang sesuai dan tepat untuk bisnis Anda. Banyak alat dan sarana yang bisa digunakan dalam menjalankan bisnis, sebagaimana dijelaskan dalam "10 Rahasia Menjual Produk Lebih Cepat"  salah satu blognya Joko Susilo.

4. Jangan lupa agar selalu berdo'a untuk kesuksesan Anda.
Sebesar dan setinggi apa pun impian Anda, sekeras apa pun kerja Anda dalam menjalankan bisnis, bahkan secanggih apa pun alat atau sarana yang digunakan dalam bisnis Anda, namun kesemuanya itu belum lah lengkap bila belum diikuti dengan do'a kepada Tuhan. Karena segala sesuatu yang terjadi di muka bumi ini semuanya berasal dari dan sangat ditentukan oleh ridho ilahi.

SEMOGA SUKSES

Oleh : Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke :kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Temukan rahasia sukses bisnis internet
click disini www.formulabisnis.com/?id=ken_kanaidi

Jangan TAKUT untuk MEMULAI BISNIS, click di


Butuh Artikel lainnya?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar