Total Tayangan Halaman

Minggu, 07 November 2010

Tips, Bagaimana Memulai Usaha?

Untuk memulai suatu Usaha/Bisnis, perlu kita perhatikan beberapa hal sebagai berikut :
  • Tentukan dulu bentuk/jenis Usaha.
    Jika seseorang akan membentuk bisnis/usaha, langkah pertama adalah tentukan dulu bentuk/jenis usaha yang akan dijalankan. Pilihan bentuk/jenis usaha tersebut akan mengakibatkan berbagai karakteristik yang mempengaruhi jalannya usaha tersebut nantinya. Kita bisa saja memilih bisnis yang kita memang kita memiliki kesukaan/hobby pada bidang tersebut. Misalnya; bagi seseorang yang suka main internet, bisa jadi bisnis internet lah yang kita pilih. Mengapa demikian?. Berdasarkan pengalaman dan survei menunjukkan bahwa bila seseorang menjalankan bisnis yang didasari atas sesuatu yang dia sukai/hobby, maka biasanya  dia akan cukup memiliki kesiapan mental untuk menjalankannya dan bisnisnya akan cepat berkembang, di samping itu yang bersangkutan biasanya tidak cepat menyerah dalam menjalankan bisnisnya nanti. Namanya juga hobby. 
    • Ukur kemampuan/keahlian kita. 
    Untuk memulai usaha yang telah kita pilih tersebut, mulai lah dengan melihat/mengukur keahlian yang sudah kita miliki dalam bidang bisnis tersebut. Jika kita masih merasa belum memiliki keahlian yang cukup dapat juga kita mempelajari dulu bisnis tersebut, misalnya dengan cara melihat atau belajar dari orang-orang yang sudah sukses di usaha sejenis.  Di sini juga diperlukan kemahiran kita mencari orang lain yang sudah sukses dalam bidang tersebut, yang juga kita yakini bisa sebagai mentor (yang akan membimbing, tempat belajar, atau memfasilitasi) kita untuk memulai usaha yang kita pilih. Untuk memulai usaha memang perlu persiapan, di antaranya pesiapan mental dan keahlian/ketrampilan yang berkenaan dengan usaha yang kita pilih tersebut. Untuk hal ini tidak salahnya  pada masa awal-awal kita ikut terjun dulu secara langsung dalam bisnis yang akan kita bangun, agar kita dapat mengetahui secara detail dan dapat menimba pengalaman dengan usaha kita tersebut. Jangan malu untuk selalu bertanya dan belajar dari orang lain yang sukses. Rendahkan sedikit ego atau gengsi kita demi berjalannya usaha kita.
    • Lihat peluang Usaha.
    Hal yang perlu juga dipikirkan  untuk memulai usaha adalah seberapa besar peluang dari usaha yang akan kita jalankan tersebut. Ada pepatah mengatakan "Jangan lah buat apa yang bisa kita buat, tetapi buat lah apa yang bisa kita pasarkan". Sebaiknya memulai usaha jangan dimulai dari yang kita sifatnya coba-coba, tetapi mulai lah dari usaha yang ada peluangnya atau dengan kata lain, pada saat kita baru memulai usaha sebaiknya mulai lah usaha dengan sesuatu yang memang sudah ada peminatnya. Misalnya saja pada saat ini sedang digendrunginya bisnis internet dan pemanfaatan blog sebagai sarana bisnis, maka tidak ada salahnya bila kita juga memanfaatkan peluang bisnis tersebut.
    • Mulai dulu dengan Usaha berskala kecil.
    Untuk mencoba memulai usaha, dapat kita jalankan dengan skala yang kecil dulu sebagai ajang belajar. Kemudian atas kemajuan yang kita sudah capai, mulai lah kita mengembangkan usaha tersebut sedikit demi sedikit, namun pasti. Hal ini cukup penting, kenapa?. Karena bila skalanya kecil kita akan cukup mudah dalam mengendalikan usaha tersebut, di samping kita bisa belajar secara lebih mendetail atas apa saja yang berkaitan dengan usaha tersebut.
    • Semangati diri secara konsisten dan fokus.
    Untuk memulai dan menjalankan usaha perlu ada pendorong. Pendorong banyak macamnya. Ada yang karena keterdesakan yang menjadi pendorong, ada juga yang karena impian yang tinggi sebagai motivator kita untuk mau berbisnis, atau karena hal-hal lainnya. Kesemuanya itu boleh-boleh saja. Memang diawal kita memulai suatu bisnis, biasanya kita semangat. Namun jangan lupa bahwa letak ujian kita untuk sukses memulai usaha biasanya diukur dalam waktu 6 bulan s.d 1 tahun sejak kita memulai bisnis tersebut. Karena pada masa awal tersebut lah kita diuji. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pengalaman menunjukkan, bila kita sudah berani memulai berarti 50% sukses sudah di tangan, ke sananya tinggal bagaimana kita me"manage" usaha tersebut. Ini juga yang perlu menjadi perhatian kita dalam memulai usaha. Semangat kita harus selalu (dan secara konsisten) ditumbuhkan. Jangan panasnya semangat hanya pada saat diawal saja, melainkan harus dijaga agar setiap hari konsistensi semangat tersebut tetap terjamin sampai kita benar-benar SUKSES. Banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menyemangati diri kita (salah satunya sebagaimana yang pernah saya muat dalam Cara Menyemangati Diri Dalam Bisnis). 
    Begitu juga dengan kata "fokus". Dalam memulai suatu usaha sebaiknya kita jalankan secara fokus pada satu jenis usaha dulu. Nanti kalau ini sudah sukses baru lah kita merambah ke jenis usaha lainnya.
    • Selalu bangun Relationship/Networking. 
    Namanya juga usaha, kita tidak bisa lepas dari silaturrahim atau bahasa kerennya Relationship/Networking

    Perlu diingat juga bahwa modal berupa uang "bukan segalanya, dan bukan syarat utama" dalam memulai bisnis. Malahan melalui jalinan silaturahim, relationship/networking bisa jadi lebih berharga dibanding modal berupa uang pada saat kita akan memulai usaha yang akan kita jalani.

    Oleh : Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
    *Profil Lengkap, lihat (click) di sini

    Butuh Artikel ? click di :

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar