oleh : Athika & Kanaidi - 2012
(Publikasi pada : ProMaRK Jurnal
Bisnis dan Pemasaran, Vol.
4, No. 1, Juni 2013 ISSN : 2087-3077)
ABSTRAK
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk merupakan
salah satu perusahaan mie instan yang terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1971
di Jakarta. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan ini salah satunya adalah Instan noodles. Kemasan pada produk bukan
saja berfungsi sebagai pembeda antara satu produk dengan produk lain yang
sejenis, tetapi juga sebagai daya tarik suatu produk. Tampilan kemasan produk yang menarik dapat
mendorong konsumen untuk melakukan pembelian terhadap produk.
Tujuan penelitian ini adaah untuk mengetahui pengaruh
kemasan terhadap keputusan pembelian pada produk indomie dan sub variabel dari kemasan yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian.
Dalam penelitian ini jenis data yang
digunakan adalah data primer yaitu dengan cara penyebaran kusioner kepada masyarkat Sarijadi
yang menggunakan produk indomie dan data sekunder yang
diperoleh dari buku, literatur, atau jurnal. Pada penelitian ini mengunakan teknik sampling aksidental. Sedangkan teknik analisis yang
digunakan adalah analisis
korelasi, regresi linear, dan uji hipotesis secara simultan dan parsial.
Berdasarkan
hasil penelitian didapati bahwa terdapat pengaruh
positif dan signifikan dari
kemasan produk terhadap keputusan pembelian konsumen. Sub
variabel dari kemasan produk yang berpengaruh paling
dominan terhadap keputusan pembelian adalah tulisan pada kemasan. Untuk
itu disarankan manajemen PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk untuk
mengembangkan desain kemasan produk lebih baik lagi dan lebih memperhatikan tulisan
pada kemasan, seperti tanda expired dan
komposisi/komponen isi kandungan produk.
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
- LKM/S Net KAS : lkmsnetkas.blogspot.com/
- Jurnal Business & Marketing
- Jurnal Merek
- Jurnal Manajemen Sdm
- Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
- Jurnal Kualitas Jasa (Servqual)
- Jurnal Value
- Jurnal Loyalitas Pelanggan (Loyalty)
- Jurnal Corporate Image
- Artikel-artikel Image
- Jurnal/Artikel “CRM”
- Jurnal CSR . . . . .http://ken-csr1.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar